Discover 1001 Tanzania: Menjelajahi Keajaiban Kilimanjaro dan Keindahan Alamnya

Gunung Kilimanjaro

Dengan ketinggian 19,341 kaki, Gunung Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di Afrika dan tertinggi keempat dari tujuh puncak. Dibutuhkan lima hingga delapan hari di ketinggian yang sangat melelahkan untuk mencapai puncak dan kembali lagi.

Taman Nasional Gunung Kilimanjaro

Hal-hal yang perlu dipersiapkan saat akan mendaki Gunung Kilimanjaro yaitu:

Bantuan Hidrasi Mendaki Kilimanjaro

Anda harus tetap terhidrasi. Banyak. Setelah hari pertama, air Anda akan berasal dari sungai terdekat dan dapat dimurnikan dengan pil yodium. Saya bukan penggemar rasa yodium dan bersyukur memiliki tablet nuun bersama kami. Cobalah beberapa merek dan rasa sebelum Anda melihat apa yang Anda suka (favorit saya adalah limun merah muda). Meskipun saya tidak dapat memastikan apakah minuman ini memberi saya energi ekstra, rasanya pasti membantu saya tetap terhidrasi!

Hal Menyenangkan

Ini akan bersifat pribadi untuk semua orang, tetapi setelah meninjau rencana perjalanan kami selama seminggu, saya mengemas jurnal kecil, setumpuk kartu, perlengkapan cat air mini, dan DSLR saya dengan lensa 50mm. Ternyata kami tidak punya banyak waktu luang. Kami berjalan lambat saat mendaki, sering kali sampai di kemah pada jam 5 sore. Teh dan makanan ringan sudah menunggu kami, dilanjutkan dengan makan malam dan ngobrol dengan pemandu kami. Kami makan dan tertidur pada jam 8 malam. hampir setiap malam berkat ketinggian. Saya tidak pernah sekalipun mengeluarkan kartu atau cat air.

Pemanasan sebelum Medaki Kilimanjaro

Kami akhirnya menggunakan paket penghangat tangan tetapi tidak dengan cara tradisional. Karena saya kebanyakan menggunakan ponsel untuk mengambil foto, penghangat tangan menghemat daya baterai saya. Simpan penghangat tangan di saku jaket Anda untuk menjaga baterai tetap hangat di sela-sela pengambilan foto.

Latih Paru-paru Anda

Tidak perlu seorang pelari maraton untuk mendaki gunung. Meskipun ada beberapa orang terpilih yang berlari maraton mendaki gunung, perjalanan ini bukanlah tujuan mereka. Kami dikelilingi oleh orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Ketinggian adalah tentang mondar-mandir dan mendengarkan tubuh Anda. Saya berlatih dengan melakukan sesi HIIT beberapa kali seminggu pada bulan-bulan menjelang untuk mempersiapkan paru-paru saya menghadapi oksigen rendah tanpa benar-benar harus hidup di ketinggian.

Mendengarkan

Sebanyak Anda mempersiapkan dan mendengarkan cerita, hal terpenting adalah mendengarkan. Aklimatisasi mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda, jadi dengarkan pemandu Anda, tubuh Anda, dan perhatikan gunung. Jika Anda lelah, berhentilah. Jika Anda pusing, minumlah air. Jika wanita berusia 70 tahun melewati Anda, biarkan saja. Ini bukan perlombaan menuju puncak tetapi perjalanan untuk diri Anda sendiri, jadi sebaiknya luangkan waktu Anda. Pada hari kedua saya kehilangan nafsu makan, merasa mual dan kelelahan. Kami masih empat hari dari puncak, dan saya semakin takut bahwa tubuh saya tidak dapat menyesuaikan diri. Setelah banyak tidur dan minum, pada sore hari di hari ketiga saya merasa sangat baik. Itu hanya menanjak dari sana…

Malam musim panas di Kilimajaro

Bernapaslah, hidrasi, dan lakukan selangkah demi selangkah. Pada hari pendakian puncak, kami tiba di basecamp pada sore hari, makan, menyiapkan lapisan, dan tidur sedini mungkin. Pada jam 11 malam. kami bangun, minum teh, dan menambahkan lapisan terakhir kami (saya tidur dalam 6 lapisan di atas dan 5 di bawah.) Dengan lampu depan untuk menerangi jalan, kami memulai pendakian yang panjang dan gelap menuju puncak yang tidak dapat kami lihat. Titik-titik kecil cahaya di depan tampak bermil-mil jauhnya, namun tetaplah menundukkan kepala dan melangkah selangkah demi selangkah. Terlalu banyak melihat ke atas akan melukai leher Anda dan membuat perjalanan tujuh jam terasa tiada akhir. Kami berdiri di puncak-puncak tertinggi di Afrika saat matahari menyinari lanskap dan menyinari negara di bawahnya.

Climbing in Kilimanjaro

Terima kasih Pemandu Anda

Peraturan taman melarang siapa pun mendaki tanpa pemandu bersertifikat. Dan peraturan untuk peralatan berkemah dan memasak yang layak berarti bahwa sebagian besar pendaki tidak akan bisa mendaki tanpa kelompok pendukung yang cukup besar yang mencakup pemandu, kuli angkut, dan koki. Staf pendukung yang terdiri dari 11 penduduk lokal yang luar biasa adalah alasan kami dapat mencapai puncak, dan meskipun memiliki mereka lebih merupakan suatu keharusan daripada tip, pastikan Anda memberi tip kepada mereka dengan tepat. Mereka juga berterima kasih karena telah menerima pakaian, botol air, sepatu, dan perlengkapan lainnya yang mungkin ingin Anda tinggalkan.

Kunjungi artikel menarik lainnya disini